New World: Game Bertema .hack di Android



Kali ini saya akan membahas tentang game terbaru rilisan dari Bandai Namco & CyberConnect2 yaitu New World Vol 1. 銀泪の乙女 (Maiden of Silver Tears).


Video promosi New World


Bersetting di suatu kota fiktif bernama Mac Anu. Di awal cerita player akan bertemu dengan perempuan bermata perak yang mengetahui segala rahasia tentang dunia dan memiliki kemampuan untuk membangkitkan kekuatan tersembunyi dari protagonis.

Game ini termasuk game baru yang bergenre RPG (Role Playing Game) yang gameplay nya lumayan terbilang mudah.

Review

Buatlah Karaktermu Sendiri!

Pertama-tama, pemain diharuskan untuk membuat karakternya sendiri. Mulai dari membuat nama hingga memilih jenis kelamin karakter.

Langkah membuat karakter
Tapi tidak hanya memilih nama dan jenis kelamin, pemain juga dapat membuat penampilan karakter sesuai yang diinginkan. Penampilan yang dapat diubah yaitu bentuk wajah, bentuk mata, bentuk rambut, warna rambut, warna mata, warna kulit dan juga tinggi badan.

Memilih rambut dan warna rambut

Setelah selesai, maka player akan dihadapkan pada layar yang menunjukkan hasil karakter buatan player. Dari situ, player dapat memilih apa ingin mengubah atau menetapkan hasil itu sebagai hasil jadi.

Tampilan layar yang menunjukkan hasil akhir pembuatan karakter

Harap diingat, karakter yang dibuat tidak dapat diubah lagi. Jadi pastikan lagi apakah karakteristik karakter yang dibuat sudah pas atau tidak.

Menentukan Jenis Senjata

Setelah itu, pemain juga akan diminta untuk memilih tipe senjata yang disukai.


Tipe senjata yang dapat dipilih ada 3. Yaitu:
  1. 重装 (Great Sword): Karakter dapat menggunakan pedang besar. Kelebihannya yaitu dapat memberikan jumlah damage yang cukup besar kepada lawan
  2. 軽装 (Short Sword): Karakter dapat menggunakan 2 pedang. Kelebihan dari senjata ini yaitu, karakter dapat memberikan quick damage kepada lawan
  3. 魔装 (Magic Equipment): Karakter menggunakan tongkat layaknya seorang penyihir. Sesuai namanya, karakter yang digunakan hanya dapat memberikan magic damage kepada lawan.

Seperti pembuatan karakter, senjata yang telah dipilih tidak dapat diubah atau diganti dengan tipe senjata lain.

Memilih Navigator



Setelah itu, player diharuskan memilih navigator yang menemani player selama permainan. Navigator yang dipilih ada 3. Navigator ini memiliki pengisi suara dan karakter yang berbeda-beda. Tapi kesamaan ketiganya yaitu, mereka sama-sama *uhum* loli manis.

Battle


Seperti game RPG, karakter diharuskan membuat party untuk menghadapi musuh. 1 party terdiri dari 4 karakter utama, 1 karakter support dari teman, 3 karakter support dari tim sendiri.

Di layar bagian kiri bawah, terdapat tulisan: 
  1. メニュー (Menu):  Dalam Menu, terdapat pilihan ミッション確認 yang berfungsi untuk menampilkan detail misi dan hadiah yang akan didapatkan, サウンド設定 yang berfungsi untuk mengatur suara, バトルリタイア yang berfungsi untuk mengehentikan misi, バトル再開 yang berfungsi untuk mengulang kembali battle.
  2. オート (Auto): Fungsinya menjalankan jalannya permainan secara otomatis
  3. 倍速: Berfungsi untuk mempercepat alur pertempuran
  4. アシスト: Berfungsi untuk memanggil support dari teman untuk membantu battle
Alur game terbilang mudah, karena karakter bergerak secara otomatis. Tetapi player dapat menentukan siapa lawan yang ingin dilawan terlebih dahulu serta apakah harus menggunakan Skill atau G.O.D

Skill (スキル)


Di bar karakter, terdapat bar yang akan terpenuhi secara otomatis setiap karakter memberikan damage kepada musuh. Setelah bar ini terpenuhi, maka akan muncul tulisan スキルOK!!.
Saat tulisan ini muncul, tekan bar karakter tersebut lalu karakter yang dipilih akan menyerang menggunakan Skill atau bahasa halusnya Special Attack. Tentu saja damage yang diberikan lebih besar daripada serangan biasa.
Apabila Skill yang diberikan dapat mengalahkan 1 musuh, maka Skill tersebut akan menjadi 連撃フィニッシュ (Connect Finish). Yaitu, skill tersebut akan memberikan damage tambahan bagi musuh.

G.O.D


Saat bar di sisi tengah atas layar terpenuhi, karakter utama dapat menggunakan serangan khusunya yaitu G.O.D (Gaze Of Dominator). G.O.D memiliki 3 tipe, yaitu tipe 攻撃型 (Tipe Serangan), 回復型 (Tipe Penyembuh), & 弱体型 (Tipe Pelemah). Player juga dapat meningkatkan level kekuatan GOD.

(ホーム) Tampilan Home


Beginilah tampilan Home player. Dalam Home, karakter buatan player akan terlihat sedang berinteraksi dengan karakter lain. Di sisi kanan ada pilihan 

タウン (Town)

Dalam Town, player dapat berinteraksi dengan player lain. Kita dapat berkenalan maupun bisa mengajak player lain untuk bertarung.

編成 (Edit)

Player dapat melihat status karakter, mengubah senjata yang dipakai, maupun mengubah tipe G.O.D pada menu 主人公ステータス (Player Status).
Pada pilihan パーティー(Party), player dapat mengubah susunan party.
Lalu player juga dapat mengubah senjata dan perlengkapan yang dipakai oleh karakter-karakter lain pada pilihan 装備 (Equipment).
Lalu player juga dapat melihat bonus atau hadiah yang telah didapatkan pada バッグ (Bag).
Apabila player membutuhkan uang, player dapat menjual karakter maupun senjata pada menu 売却 (Sell).

強化 (Strengthtening)


Fungsinya yaitu memperkuat karakter dan senjata yang dipakai. Tidak cua memperkuat, player juga dapat menaikkan level maupun mengevolusi senjata maupun karakter.
ソウル強化 (Soul Strengthtening) berfungsi untuk meningkatkan level maupun kekuatan karakter.
ソウル進化 (Soul Evolve) berfungsi untuk mengevolusikan karakter.
装備強化 (Equipment Strengthtening) berfungsi untuk memperkuat dan menaikkan level equipment.
装備進化 (Equipment Evolve) berfungsi untuk mengevolusikan equipment.


Login Bonus & Event Collaboration

Login dan event collaboration untuk game ini ada 2.


Apabila player setiap hari melakukan login, maka player akan mendapatkan bermacam-macam hadiah. Lalu pada hari ketujuh, player akan mendapatkan karakter terbatas yaitu Kite. Karakter ini merupakan hasil kolaborasi dengan game .hack.


Lalu untuk login bonus berikutnya yaitu untuk memperingati tahun baru, player akan mendapatkan 1 jewel tiap harinya. Jewel ini berfungsi dalam memanggil karakter baru di menu ガチャ (Gacha)

Overall


Secara keseluruhan, game ini cukup menarik. Mulai dari story yang cukup bagus, karakter yang dapat dibuat sendiri, serta grafis game yang terbilang cukup memanjakan mata. Kekurangan dari game ini bagi saya adalah dari segi gameplay, game ini terbilang biasa. Hal ini dikarenakan pergerakan serta alur game yang otomatis membuat saya sebagai player cukup bosan dalam melihat pertempuran. Bahkan terkadang saya mempercepat alur battle karena bosan melihat gerakan karakter yang monoton. Serta cukup rumit untuk memperkuat suatu GOD, dikarenakan GOD memiliki status yang bercabang-cabang. Serta untuk memperkuat karakter, membutuhkan materi khusus yang hanya bisa didapatkan dalam event harian. Event itu juga hanya bisa dibuka menggunakan kunci yang dibagikan pada saat-saat tertentu atau bonus battle. Hal ini bagi saya cukup merepotkan.
Tetapi apabila player yang mengikuti franchise .hack, mungkin game ini terbilang cukup menghibur. Apalagi gerakan player saat menggunakan GOD sangat mirip dengan Data Drain.

Untuk game ini saya memberikan nilai 7.5/10.

Sekian review saya untuk game New World.
Sampai bertemu di postingan berikutnya ^___^

Komentar

  1. Sempet nyoba nih gue, gara2 denger suara Sakurai jadi narrator di trailer nya... Haseo sih. Sebenernya lumayan cakep grafiknya tapi ya itu pas gameplay nggak demen dan isinya cwe semua itu beuh. Cwo keliatan 3 orang doang #lelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara gameplaynya biasa aja. Pdahal grafiknya udah bagus banget, banyak ceweknya sih bener. Rasio perbandingan cewek sama cowoknya berbanding terbalik banget

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer