Review Power Rangers



Pada pos sebelumnya, saya sedikit membahas mengenai adaptasi Super Sentai atau lebih dikenal di Barat & Indonesia sebagai Power Rangers. Kali ini saya akan membahas mengenai film Power Rangers yang telah tayang di bioskop di Indonesia sejak tanggal 22 Maret 2017. Seperti biasa, review ini mengandung spoiler. Jadi SPOILER ALERT!

Summary


Pemeran dari Kyouryu Sentai Zyuranger

Bagi orang-orang yang belum mengenal tentang Power Rangers, berikut adalah ringkasan mengenai apa itu Power Rangers. Power Rangers adalah adaptasi seri franchise Super Sentai dari Jepang. Seri tersebut mengisahkan 5 orang yang bertugas mengalahkan kejahatan dan biasanya memiliki atribut warna yang berbeda-beda. Berbeda dari Super Sentai, Power Rangers mengadaptasi cerita dari seri Kyouryu Sentai Zyuranger (Dinosaur Squadron Zyuranger) dan judulnya diubah menjadi Mighty Morphin Power RangersMighty Morphin Power Rangers sendiri tayang pertama kali pada 28 Agustus 1993 di saluran Fox Kids dan berakhir pada 17 Februari 1996. Walaupun Mighty Morphin Power Rangers mengadaptasi serial Kyouryu Sentai Zyuranger, seri ini banyak mengandung unsur dan elemen (seperti monster, dsb.) dari seri Gosei Sentai Dairanger (Five-Star Squadron Dairanger) & Ninja Sentai Kakuranger (Ninja Squadron Kakuranger). Yang cukup membedakan franchise Power Rangers & Super Sentai yaitu konsep. Dimana konsep Power Rangers yaitu 5 remaja dengan sikap yang baik dikumpulkan untuk melawan kejahatan yang datang dari luar maupun dari dalam Bumi. Tetapi, tidak selamanya Power Rangers terdiri atas 5 orang. Biasanya mereka akan mendapatkan tambahan 1 orang anggota yang muncul belakangan. Tidak cuma itu, dalam melawan kejahatan para Rangers dibekali senjata dan juga Zord. Zord adalah istilah untuk robot besar yang dimiliki para Rangers dalam melawan musuh yang membesar di penghujung acara. Apabila Zord tersebut disatukan, maka akan menjadi MegaZord.

Pemeran dari Mighty Morphin Power Rangers

Untuk adaptasi reboot versi layar lebar, pihak studio mengadaptasi cerita dari Mighty Morphin Power Rangers. Tetapi latar belakang para pemain diubah secara total, tidak cuma itu bahkan plot cerita awal dari Mighty Morphin Power Rangers juga cukup banyak diubah agar dapat dijadikan suatu film layar lebar. Dimana Power Rangers adalah pelindung alam semesta dan hanya orang-orang terpilih yang dapat menjadi Power Rangers. Film dibuka dengan adegan pertempuran Zordon melawan Rita Repulsa serta kekalahan dari masing-masing pihak. Lalu adegan berganti latar beribu tahun kemudian. Pada film ini dikisahkan Jason merupakan mantan pemain American Football yang cukup terkenal di kota Angel Groove. Tetapi karena satu kejadian iseng, ia diskors dan menjalani tahanan rumah. Billy diceritakan merupakan seorang penderita autisme dan karena hal tersebut ia selalu menjadi korban bully. Zack seorang pemuda yang menderita dilema ketakutan akan kehilangan ibunya yang sedang sakit. Kimberly merupakan gadis yang menjadi korban cyber bullying serta Trini yang pada film ini dikisahkan adalah penyuka sesama jenis dan tidak mendapatkan dukungan dari orang tuanya.

Kelima remaja tersebut secara tidak sengaja menemukan kapal peninggalan Zordon dan koin yang digunakan untuk berubah menjadi Power Rangers. Kelima remaja tersebut ditugaskan untuk berlatih dalam menghadapi kebangkitan Rita. Alasan Rita menyerang bumi sendiri bukannya tanpa alasan. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan Zeo Crystal atau kristal yang merepresentasikan kehidupan suatu planet. Apabila mendapatkannya, Rita dapat memiliki kekuatan yang tidak terbatas.
Begitulah plot cerita dari Power Rangers.

Review

Plot & Character

Kurang lebih apabila membaca ringkasan diatas, orang-orang dapat berpendapat kalau inti ceritannya kurang lebih sama seperti TV seri. Tetapi yang membedakannya yaitu latar belakang dari para karakter serta tujuan dari Rita

Pada film ini dikisahkan Zordon yang dalam TV seri bertugas menjadi mentor bagi para Rangers, tetapi pada film ini merupakan mantan Red Ranger. Tidak cuma itu, Rita Repulsa yang tadinya hanya seorang penyihir tetapi di sini dia juga merupakan mantan Green Ranger. Hal ini cukup mengejutkan karena ini merupakan hal yang baru. Mungkin masih masuk akal apabila Zordon merupakan mantan Ranger, tetapi Rita? Sangatlah mengagetkan. Tidak cuma itu, penggambaran karakter Zordon disini tidak sebijak seperti seri TV. Zordon disini memiliki jiwa seorang petarung & terlihat cukup emosional, hal ini dapat dipahami perasaan emosinya karena kehilangan teman-temannya serta ketidakberdayaannya dalam menghentikan Rita. Tidak cuma Zordon, kelima remaja tersebut memiliki masalah masing-masing. Yang paling mengagetkan adalah karakter dari Trini. Pihak studio sangat berani merombak total karakter Trini menjadi penyuka sesama jenis, mengingat ini merupakan film yang ditujukan untuk anak-anak.

Kurang lebih seperti inilah penampilan 
Rita sebagai Green Ranger

Tujuan dari Rita sendiri juga cukup berbeda dengan seri TV, dimana Rita bertujuan untuk menguasai bumi tapi pada film ini Rita mengincar Zeo Crystal. Bagi para fans Power Rangers, istilah Zeo Crystal sangatlah dikenal karena kristal tersebut merupakan sumber tenaga bagi Power Rangers Zeo. Untuk mendapatkan Zeo Crystal, Rita membuat monster yang terbuat dari emas yang dinamakan Goldar. Ya Goldar, yang di TV seri digambarkan sebagai monyet dengan baju zirah emas. Tetapi di seri ini Goldar adalah monster besar yang berfungsi menggali Zeo Crystal (dan jangan lupa terbuat dari emas).

Kiri: Goldar versi Movie, Kanan: Goldar versi TV

Plotnya sendiri bagi saya cukup menarik. Hanya saja berbeda dari seri TV dimana satu episode digambarkan dengan adegan full action, film ini menggambarkan drama dari 5 remaja dalam mengenal satu sama lain untuk menghadapi seorang alien. Actionnya sendiri hanya muncul selama bagian akhir dan itu bagi saya masih sangat kurang mengingat ini adalah film Action. Cerita untuk film ini bisa terbilang cukup dark, mengingat adanya tema homoseksualisme yang dianut oleh salah satu Rangers serta adanya adegan kematian Ranger dimana hal ini sangatlah jarang ditunjukkan di seri Power Rangers.

Arsenal

Kurang lebih senjata & Zord merupakan poin utama dari Power Rangers, tetapi sebelumnya mari kita ulas mengenai armor dari para Rangers.

Perbedaan Armor dari Power Rangers TV & Movie


Armor
para Rangers dirombak total, tetapi pola dinosaurus yang diambil tetap tak dilupakan. Apabila di TV, bahan kostum terlihat seperti terbuat dari karet, maka versi layar lebar terlihat lebih metalik. Salah satu kekurangan dari para Rangers yaitu senjata ciri khas dari masing-masing karakter. Dalam versi layar lebar, hanya Red Ranger sajalah yang memiliki senjata. Sisanya hanya bermodalkan tangan kosong. Hal ini berbeda dengan seri TV dimana semua Rangers memiliki senjata, entah itu senjata yang berbeda maupun senjata yang sama seperti pistol atau pedang.

Kiri: Megazord versi TV, Kanan: Megazord versi Movie

Perbedaan selanjutanya adalah Megazord. Pada versi movie, Megazord memiliki banyak kemiripan dengan Goldar. Ketika gambar dari Megazord & Goldar rilis di dunia maya, banyak yang mengolok-olok desainnya termasuk saya. Karena dapat dilihat perbedaannya sangatlah jauh. Kalau menurut pendapat pribadi, saya lebih menyukai versi TV seri daripada versi Movie. Tetapi salah satu teman saya berpendapat positif mengenai desain Megazord di versi Movie. Menurutnya, desainnya justru sangatlah menggambarkan Power Rangers yang baru dan lebih terlihat seperti alien. Kalau dipikir-pikir, pendapatnya ada benarnya juga. Power Rangers di movie ini bukanlah pasukan yang berasal dari bumi melainkan dari luar angkasa. Mereka mengambil bentuk dari makhluk hidup paling kuat yang pernah hidup di bumi dalam hal ini dinosaurus.


Morphin Grid & Power Coim versi Movie

Last but not least, perbedaan dari Morphin Grid atau alat yang diapakai untuk berubah menjadi Power Rangers. Umumnya untuk berubah (Morphin), para Rangers diharuskan menggunakan Power Coin & Morphin Grid. Tetapi pada versi film, mereka diharuskan melakukannya bersama dan tidak menggunakan Morphin Grid tetapi harus menggunakan alat khusus yang berada di dalam pesawat Zordon. Tetapi dalam katalog mainannya, versi Movie dikatakan memiliki Morphin Grid. Bentuknya sendiri kurang lebih sama dengan versi TV, hanya pola atau temanya lebih terlihat alien ketimbang versi TVnya. Power Coinnya sendiri terlihat lebih kuno tidak seperti versi TV yang terlihat futuristik.

Summary

Bagi para penggemar Power Rangers, film ini cukup membuat orang-orang bernostalgia akan masa kecilnya. Saya sendiri cukup puas melihat hasil akhir dari film ini. Bahkan tak ada masalah sama sekali dengan perombakan karakter dan desainnya. Desain armor yang terlihat lebih alien & futuristik. Plot ceritanya pun bagi saya dapat diterima mengingat Power Rangers bertema seri mingguan dimana setiap episode para monster pasti akan menyerang bumi. Peran dari para pemain juga sangatlah bagus, terlihat bagaimana para pemain mendalami karakter-karakter ini. Diantara kelima orang pemain, yang cukup saya sukai adalah Zack, Trini & Billy. Karakter Zack yang terlihat suka berbuat onar & nakal, menyembunyikan karakter aslinya yang takut akan kesepian. Begitu pula karakter Trini yang digambarkan sebagai orang yang tidak banyak bicara & tak mau berhubungan dengan orang lain karena takut akan penolakan dimana dia melakukan hal yang tidak pada umumnya. Lalu Billy yang bisa dibilang berperan sebagai yang paling mencemaskan keadaan teman-temannya serta yang sikapnya selalu mengundang gelak tawa bagi penonton.

Pemeran Rangers & Rita Repulsa versi Movie

Akting Elizabeth Banks juga patut diacungi jempol karena sangat mendalami karakter Rita Repulsa. Apabila versi TV Rita terlihat konyol, maka versi Movienya ia terlihat lebih kejam & menyeramkan. Perannya terlihat sebagai seseorang yang tak berpikir panjang dalam membunuh untuk mendapatkan tujuannya. Lalu pada saat ia menyerang kota & berseru "Let's kill everyone!" atau "Make my monster grow!" memberikan perasaan yang sangatlah nostalgik bagi saya. Karena seperti inilah penggambaran Rita yang seharusnya, bahkan perubahan desain Rita yang tadinya tidak saya sukai membuat saya cukup menyukai karakter antagonis ini. Tetapi sikap Rita juga cukup membuat orang-orang tertawa. Salah satunya adalah saat dia bertanya mengenai Krispy Kreme, atau mencari Krispy Kreme di tengah kota. Padahal tulisan Krispy Kreme sangatlah tertera jelas & besar. Lalu momen yang cukup lucu adalah saat Rita masuk ke dalam toko dan mencicipi donat Krispy Kreme di saat ia sedang menyerang kota.

Kalau versi TV mengikuti versi Movie, mungkin
seperti ini reaksi Rita ya?


Tetapi bukan berarti film ini tak luput dari poin minus. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Power Rangers adalah film action mingguan. Pada film ini, karena lebih diutamakan drama & penjelasan latar belakang karakter maka adegan action terlihat dikurangi seminim mungkin serta pace cerita yang berjalan lambat. Jujur saja terkadang saya mengantuk saat menonton film ini karena pace nya yang cukup lambat. Kemudian walaupun judul film ini Power Rangers, tapi film ini tidak memiliki sifat Power Rangers. Hal ini terlihat dari para pemain yang saat memasuki Zord, menunjukkan wajah mereka. Berbeda dengan TV seri dimana mereka tidak melepas helm mereka saat bertarung. Serta kembali lagi, desain dari Goldar. Karakter yang seharusnya terlihat menyeramkan malah terlihat konyol di mata saya. Bahkan kesan saya mengenai karakter ini tidak berubah sejak pertama kali melihat perubahannya di katalog mainan yaitu: Ini lebih terlihat seperti Richeese keju yang dibentuk agar terlihat seperti robot. Lalu adanya product replacement (promosi tidak langsung) dari Krispy Kreme. Dimana lokasi dari Zeo Crystal dikatakan terletak di bawah toko donat tersebut.

Mulai dari adegan ini, para Rangers bertarung 
tanpa menutup wajahnya

Meskipun begitu film ini cukup menghibur dan cukup fresh untuk dinonton. Saya memberikan nilai 7.5/10 untuk film ini.

Trivia


  • Salah satu hal yang cukup menarik yaitu adanya referensi dari JoJo's Bizarre Adventure. Terlihat saat Rita muncul kembali, ia diceritakan ditemukan oleh nelayan di laut. Adegan ini sama seperti DIO saat petinya ditemukan oleh pemburu harta karun di laut. Lalu cara mengalahkan Rita juga sama, yaitu ia dilempar ke luar angkasa sama seperti cara Joseph Joestar (salah satu karakter utama Jojo's Bizarre Adventure) mengalahkan Kars (antagonis dari part 2 Jojo's Bizarre Adventure).
  • Di saat adegan Zord keluar dari pesawat Zordon, adegan tersebut diiringi dengan lagu tema pembuka Mighty Morphin Power Rangers.
  • Salah satu adegan yang cukup lucu & tidak pernah dilakukan dalam Power Rangers yaitu setelah selesai bertarung Jason membuat Megazord menarikan tarian kemenangan.
  • Kurang lebih seperti inilah tarian yang dilakukan Megazord tersebut
  • Adanya cameo 2 Rangers dari Mighty Morphin Power Rangers yaitu Jason David Frank yang memerankan Tommy Oliver/Green Ranger & Amy Jo Johnson yang memerankan Kimberly Ann Hart/Pink Ranger. Keduanya berperan sebagai orang biasa, tapi cukup nostalgik juga bagi para fans karena dapat melihat mereka berdua bersama berperan dalam film Power Rangers (di seri diceritakan bahwa Tommy & Kimberly berpacaran, hal ini berbeda dengan versi Movie dimana Kimberly tertarik pada Jason).
  • Adanya Mid-Credit. Pada adegan ini guru yang bertanggung jawab sebagai wali kelas para Rangers memanggil nama Tommy Oliver dan kamera menyorot tempat duduk Tommy yang kosong dan terdapat jaket hijau bergambar naga. Jadi sudah dapat ditebak sekuel dari film ini nantinya akan membahas mengenai Green Ranger.


Komentar

Postingan Populer